Cara Pelihara Burung Kacer Hutan Giras Agar Jinak (TIP&TRICK)

gokicau.com

GoKicau.com - Kesempatan kali ini kita akan sedikit cerita dari pengalaman bagaimana cara menjinakkan burung yang giras.

Dulu pada waktu ingin memelihara burung Kacer agak bingung karena harga burung kacer yang relatif cukup mahal untuk burung kacer yang umurnya masih muda atau oarang biasanya menyebut trotolan, tetapi disarankan agar membeli burung Kacer tangkapan hutan di pasar burung.

Sewaktu sudah membeli pun juga sedikit bingung karena burung terlalu aktif dan giras ketika ada manusia di dekatnya.

Setelah bertanya pada yang ahli merawat burung kacer dan browsing di internet bagaimana pemecahanya agar burung bisa lebih tenang jika ada manusia lewat, berikut tulisan yang dapat kicau mania praktekkan untuk menjinakkan burung kacer hutan atau bisa juga untuk burung giras.

Lihat juga : Burung Branjangan : si Master Burung Kicau yang Sulit Ditaklukkan

Berikut caranya :

  • Pastikan burung dikerodong selama seminggu agar burung tidak stres dan mampuh beradaptasi di lingkungan barunya - ini hanya khusus untuk burung yang baru di beli di pasar.
  • Setelah itu, burung yang giras haruslah rajin-rajin dimandikan. Ini bertujuan burung bersih dan tidak takut pada pemiliknya.
  • Jika ada hujan baiknya burung dihujan-hujankan agar burung tidak setres dan mandi. Selain itu ini seperti metode pengembunan dimana burung diterapi.
  • Jangan lupa beri EF (Extra Foodinng) pada burung, akan tetapi jangan langsung memberikan dengan tangan karna beresiko burung miyik (kekanak-kanakan). EF yang baik, dapat Anda baca pada link berikut : Tips Melihat Pas Tidaknya setelan EF 
  • Embun-embunkan pada pagi hari. Selain untuk terapi, burung kacer Anda akan jauh lebih tenang dengan diembun-embunkan ini.
  • Bersihkan kandang dengan teratur dan ganti pakan dan air secara berkala jika pakan dan air habis. Tiap hari lebih bagus.
  • Masteri burung dengan suara burung master atau dengan suara mp3 burung master. Akan tetapi beri volume  yang sedang jangan terlalu keras ini bisa mengakibatkan burung bisa down mentalnya.
 Pastikan setelah melakukan semua yang di atas, kerodong burung lagi agar burung bisa beristirahat.

Semoga info dan pengalaman ini bisa membantu kicau mania, tapi ingat setiap burung kacer memiliki karakter yang berbeda-beda.

Anda dapat klik untuk melanjutkan membaca mengenai cara mengetahui karakter kacer juara ini Pelajari Karakter Burung Kacer Agar Jadi Jawara.

Terimakasih telah membaca dan Share Cara Pelihara Burung Kacer Hutan Giras Agar Jinak (TIP&TRICK)