Cara Perawatan Burung Kenari Untuk Harian | Tip Joki Handal

cara merawat harian burung kenari

GoKicau.com - Artikel kali ini akan kita sajikan mengenai cara merawat harian burung kenari. Tentu sudah banyak artikel yang membahas tentang ini. Namun yang berbeda dalam artikel ini merupakan tip dari seorang joki burung kicau yang telah berpengalaman dengan burung prestasi. Kunci sukses dalam memelihara burung kicau agar gacor tentu harus ditambah dengan kesabaran.

Makanan Burung Kenari Untuk Harian


  1. Daun mengkudu muda ( 2 hari sekali diberikan).
  2. Telur puyuh rebus(diberikan secukupnya).
  3. Sayuran seperti sawi putih, sawi hijau gambas, daun selada dll (sawi putih sebisa mungkin diberikan saat cuaca panas agar burung tidak dehidrasi).
  4. Pakan biji canary seed sebagai pakan utama untuk kenari.
  5. Buah buahan seperti buah apel merah, buah pir dll.
  6. Telur keroto.
  7. Air rebusan jahe ketika musim dingin datang atau diganti daun gingseng untuk menjaga kesehan saat musim dingin.

Cara Perawatan Kenari Harian


Sekitar pukul  05.00 pagi burung dikeluarkan dan ditaruh di bawah pohon supaya mendapat udara segar pagi hari. Sekitar jam 06.30 atau matahari sudah terbit burung dijemur dan dimandikan. Jangan lupa membersihkan sangkarnya, mengganti air minum. Makanan dan sayuran atau buah-buahan juga diberikan, untuk telur puyuh dan telur keroto diberikan 2 sampai 3 kali seminggu.

Makanan, sayuran dan buah-buahan jangan diberikan terlalu sering karena jika terlalu sering akan mengakibatkan burung menjadi gemuk dan malas untuk bunyi. Penjemuran cukup 2 sampai 3 jam. Setelah di jemur burung di angin-anginkan sekitar 20 menit saja setelah itu burung dikerodong dan dimasukkan ke dalam rumah.

Jam 14.30 burung dikeluarkan dan diangin-anginkan kembali, jika ingin memandikannya kembali tidak apa-apa. Sebisa mungkin saat burung diangin-anginkan burung jangan langsung terkena angin yang kencang. Apabila terkena angin yang kencang, akan mengakibatkan burung bisa masuk angin dan bisa saja stres dan berujung kematian.

Untuk menjaga kesehatan badan burung kenari, burung harus di umbar. Minimal ukuran umbaran 200x60x40 cm. Jika lebih besar lebih baik. Pengumbaran biasanya sekitar 2 jam dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Burung kenari adalah burung koloni sebisa mungkin memelihara burung kenari minimal 2 ekor untuk mejaga burung tidak stres.

SALAM KENARI MANIA

Terimakasih telah membaca dan Share Cara Perawatan Burung Kenari Untuk Harian | Tip Joki Handal

This Is The Newest Post