Ragam Burung Cucak yang Banyak Diminati Kicaumania

GoKicau.com - Banyak sekali jenis spesies burung cucak. Berikut ini merupakan beberapa jenis burung cucak yang diminati pecinta burung untuk dipelihara.

1. Burung Cucak Rowo

burung cucak rawa www.burung45.blogspot.com

Anda pasti tahu nama ini burung pernah ngetrend karena burung ini sering dirujuk dalam sebuah lagu dari bahasa Jawa. Cucak ini memang telah lama disukai sebagai salah satu jenis burung/burung peliharaan cucak-cucakan. Jenis cucak tipe yang satu ini benar-benar suka bermain di tepi hutan sekunder, rawa dan sungai.

Cucak Rowo atau Cucak Rawa dengan nama latin Pycnonotus zeylanicus (1789). Pengicau dari keluarga Pycnonotidae dikenal sebagai suara burung mewah dan khas. Suara kicau burung Cucak Rowo benar-benar kurang tajam daripada jenis burung pengicau. Tapi, terutama para pecinta burung, suara burung dikenal formasi, khas, dan punya daya tarik. Cucak rowo tidak termasuk burung yang meniru suara burung kicau lain.
Baca juga: Murai Batu Incaran Para Kolektor Burung Kicau
Burung cucak rowo memiliki ukuran tubuh dewasa 28 cm, dan memiliki mahkota di kepalanya, memiliki punggung berwarna oranye, berwarna coklat dan putih, perut dan dada berwarna abu-abu, paruh hitam dan memiliki iris merah detail lebih lanjut, Anda dapat melihat gambar. Pesebaran global yang terdapat di Semenanjung Malaysia dan Sunda besar.

2. Burung Cucak Ijo di Jawa atau Cucak Ijo Banyuwangi

 

cucak ijo www.burung45.blogspot.com

Burung cucak ijo jawa sering ditemukan di wilayah Jawa Timur, Banyuwangi, Jember dan daerah sekitarnya. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa burung Cucak Ijo Banyuwangi memiliki kesamaan dengan burung cucak ijo Borneo, terutama kesamaan postur tubuhnya.

Jika Cucak Ijo Banyuwangi biasanya memiliki tubuh yang besar dan tubuh ukuran kepala besar pula. Sementara itu, Cucak Ijo Borneo memiliki ukuran tubuh besar yang sama, tetapi untuk ukuran kepala yang lebih kecil.
Baca juga: Cara Mengetahui Ciri Burung Cucak Ijo Paling Joss!
Burung Cucak Ijo Banyuwangi, merupakan salah satu jenis burung berkicau paling merdu suaranya bila dibandingkan dengan burung lain cucak ijo lain. Oleh karena itu, banyak orang yang menjual burung Cucak Ijo dengan nama embel-embel Banyuwangi.

3. Burung Cucak Jenggot

 

cucak jenggot www.burung45.blogspot.com

Suara burung cucak jenggot menjadi salah satu yang popular dijadikan masteran burung. Suara besetan dan ngeroll yang rapat dari Cucak Jenggot sangat baik untuk pemasteran.

Suara cucak jenggot pada umumnya sering untuk memaster burung lain seperti Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Lovebird, Pentet, Jalak Suren dan lain-lainnya oleh para Kicau Mania.Tujuan pemasteran pada burung berkicau itu adalah agar burung yang dimaster mampu bersuara dengan banyak variasi, jadi kicauannya tidak monoton.

Burung ocehan cucak jenggot adalah burung yang begitu banyak penggemar. Dengan suara keras dan gaya seorang pejuang besar menjadi karakter tersendiri yang dimiliki oleh burung ocehan cucak jenggot. Burung cucak jenggot mempunyai Nama latin Alophoxius Bres dan habitat aslinya di hutan. Dan makanan kesukaannya yang tidak boleh diabaikan adalah buah, karena burung cucak jenggot sementara dalam alam liar tidak dapat dipisahkan dari buah setiap hari.

4. Burung Cucak Cungkok di Indonesia 

 

burung cucak rante www.burung45.blogspot.com

Cucak cungkok adalah sejenis burung cucak yang memiliki kemiripan bentuk fisik dengan burung cucak Ijo. Namun burung cucak cungkok bukan endemik asli Indonesia tapi berasal dari negara-negara Asia Selatan dan Asia Tenggara. Burung Cucak Cungkok akhir-akhir ini cukup terkenal oleh pecinta burung. Hal ini karena di beberapa pasar ada telah menjual burung Cucak Cungkok dengan harga di atas satu juta kepada pembeli.

Habitat alami cucak cungkok berasal dari negara-negara yang di Selatan dan Asia Tenggara. Negara-negara yang memiliki populasi burung ini antara lain Cina, Myanmar, Thailand, Laos, dan Malaysia. Demikian pula, dengan lanskap yang biasa dihuni oleh burung Cucak Cungkok umumnya berada di atas berbukitan hutan dataran tinggi yang cukup dingin.

Di samping itu karena burung Cucak Cungkok memiliki kemiripan warna dan bentuk fisik dengan burung Cucak Ijo maka sebaiknya harus mengerti dahulu tentang ciri-ciri dari burung ini. Adapun ciri-ciri yang terdapat pada burung Cucak Cungkok didominasi oleh warna hijau yang tampak di bagian atas kepala, sayap, dan punggung sampai ke pangkal ekornya. Sedangkan pada dada dan perutnya diselimuti oleh warna kuning ke oranyean yang tampak jelas. Selain itu adapula warna biru tua mengkilap yang tampak di bagian sayap, dagu, dan lehernya. Begitupula dengan bentuk pauhnya yang mirip dengan burung Cucak Ijo yakni sedikit membengkok ke bawah dan ukurannya tidak terlalu panjang.

5. Cucak Kutilang atau Burung Kutilang

kutilang www.burung45.blogspot.com

Merupakan burung pengicau dari Pycnonotidae. Orang-orang Sunda menyebutnya cangkurileung, Jawa disebut ketilang atau genthilang, menyusul suara yang khas. Dalam bahasa Inggris disebut Sooty, sementara nama ilmiah Pycnonotus aurigaster; mengacu pada bulu di sekitar pantatnya berwarna oranye.


Terimakasih telah membaca dan Share Ragam Burung Cucak yang Banyak Diminati Kicaumania