Burung Masteran: Ciblek kebun dada putih


Gokicau.com - Ciblek kebun dada putih termasuk jenis burung  ciblek yang saat ini ada. Memiliki karakteristik utama,  yaitu warna putih yang dominan bulu dengan campuran  hitam di kepala, di sayap, bagian ekor dan Anda akan  menemukan warna putih pada ujung.

Ciblek dada putih yang sering disebut dengan ciblek  putih memiliki ciri-ciri dengan warna dominan putih awal  bagian bawah dada dan kemudian di perut dan di bawah  ekor. Warna kaki cenderung lebih terang. Untuk betina  biasanya memiliki kaki merah muda atau kemerahan.

Habitat Ciblek Putih

Habitat burung ini sebagian besar tinggal di ladang,  kebun atau rawa-rawa dan membuat sarang di alang-alang  atau di tempat-tempat yang tidak terlalu tinggi. Burung  ini sangat menyukai makanan dalam bentuk cacing, capung,  serangga kecil, belalang. Beberapa jenis burung juga  ditemukan di sawah atau di pegunungan.

Pesona dan karakteristik Ciblek Putih

Beberapa daya tarik burung ciblek putih ini adalah  suaranya jelas dan jernih sehingga dapat berfungsi  sebagai master. Ketika berkicau jenis burung ini akan  mengangkat ekornya seolah-olah memberikan tantangan pada  lawan serta memiliki mental yang kuat. Sehingga  pemelihara burung ini menjadikan burung ini untuk  mastering burung kicau lain. Kicau ciblek putih ini mirip suara tembakan senjata. Sehingga penggemar sering mengistilahkan kicau ciblek dengan sebutan tembakan. Tembakan burung ciblek ini bagi penghobi apalagi yang senang perlombaan, sangat diburu.

Selain itu, burung ini tergolong dalam jenis burung  petarung. Memiliki kemampuan yang baik dalam beradaptasi  dengan lingkungan baru. Ciri lainnya yang dimiliki oleh  ciblek putih adalah matanya yang berbentuk bulat dan  berwarna kemerahan.
Baca juga: Duo Maut Raja Kicau Burung Anis Kembang & Anis Merah 

Perawatan Ciblek Putih

Perawatan sehari-hari bagi burung ciblek putih ini  ketika akan dijadikan burung master adalah sebagai  berikut:
  • Dimandikan tiap pagi hari menggunakan Keramba yang sudah  diisi dengan air dan dimasukkan ke dalam kandang.
  • Setelah itu, burung bisa dikeringkan untuk beberapa saat  sampai bulu kering benar.
  • Makanan sehari-hari bagi burung, sebagian besar peternak  memberinya voer sedikit lembut dan dicampur dengan susu  bubuk.
  • Setelah selesai dimandikan, burung dapat dibiarkan tanpa  dikerodong.
  • Pemberian makanan tambahan atau extra food (EF) antara  lain jangkrik atau kroto namun tidak boleh terlalu  sering, tetapi bagi Anda yang ingin melombakan ciblek  putih ini, perawatan ekstra harus diberikan 2 jangkrik  di pagi hari, dan 2 jangkrik kembali di sore hari, serta  menambahkan kroto 1 sendok teh.
  • Menjelang sore hari atau saat mulai maghrib, Anda dapat  mengkrodong sampai keesokan harinya, sehingga burung  ciblek putih dapat beristirahat.