Eksotika Burung Pleci yang Harus Anda Ketahui


pleci www.burung45.blogspot.com

Habitat Burung Pleci (Zosterops)

GoKicau.com - Burung pleci atau dikenal sebagai burung kacamata memiliki habitat luas di seluruh Afrika melalui Asia dan Pasifik. Asia zosterops, rata-rata seitar 13 cm. Mereka disebut burung kacamata karena memiliki karakteristik bulu putih yang mengelilingi daerah mata. Sebagian besar bagian yang lain berwarna hijau kekuningan hingga warna kelabu.

Burung Pleci Peliharaan


Saat ini terlihat tren memelihara burung kecil. Salah satunya adalah burung pleci. Burung pleci ini memiliki kemampuan untuk berkicau dan memiliki ocehan hingga teler.

Jenis burung kicau ini memiliki sifat riang sehingga meskipun berasal dari menangkap di hutan, setelah beberapa lama dipelihara dapat langsung beradaptasi dilingkungan yang baru.

Tip untuk memilih burung pleci yang bagus dapat kami berikan sebagai berikut. Bagaimana burung pleci yang memiliki prospek bagus? Sebagian besar hasil tangkapan baru tidak dapat terlihat dengan jelas karena hanya terdengar suara "cuiiit" saja.
Baca juga: Pesona Warna dan Kicau Burung Kolibri 
Pilih burung pleci jantan dengan ciri agresif (banyak bergerak), ukuran tubuh tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil (sedang), bentuk ekor rapi tidak rusak dan tidak terbagi. Sering mengeluarkan ocehan "tiiit" atau "cuiiit". Tatapan mata yang tajam.

Memilih Burung Pleci Jantan


Dalam memilih burung pleci jantan memang agak sulit, karena sekilas jantan dan betina terlihat sama. Tips ini tidak selama memberikan kesuksesan Anda dalam memilih pleci jantan. Tapi setidaknya 80% cara yang kita pakai dapat memilih pleci jantan.
  1. Bentuk ekor lebih lebar dan panjang
  2. Kepala terlihat lebih besar
  3. Ring lingkaran di mata lebih tebal dan lebih putih
  4. Paruh tebal
Sedangkan ciri-ciri untuk pleci betina sebaliknya :
  1. Cincin lingkar disekitar mata lebih tipis
  2. Kepala lebih kecil
  3. Ekor kecil dan pendek
Baca juga: Cara Mengetahui Ciri Burung Cucak Ijo Paling Joss!

Harga Burung Pleci

Burung pleci juara kontes akan memiliki harga yang sangat mahal bisa mencapai puluhan juta. Sedangkan burung pleci hasil tangkapan hutan berkisar mulai dari Rp. 15.000,- sampai Rp. 25.000,-.

Varietas Burung Pleci

Burung pleci merupakan spesies burung yang termasuk dalam keluarga besar burung kicau. Burung ini memiliki suara kicau khusus. kebanyakan penggemar burung kicau menyebutnya burung pleci ngalas karena memiliki suara gacor khas yang tidak dimililiki pengisi suara burung lain.

Penggemar burung pleci ini saat ini sangat meningkat. Jenis pleci lokal banyak ditemukan di Indonesia : Pleci Maput (mata putih), Pleci Dakun Macok (dada kuning mata coklat), Pleci Auriventer (pleci auri), Pleci Buxtoni, Pleci Montanus, Pleci Dakun Bali, Pleci Salvadori, dan Pleci Hitam Capped. Jenis Pleci ini memiliki suara gacor ngalas yang khas.
Baca juga: Murai Batu Incaran Para Kolektor Burung Kicau

Perawatan Burung Pleci

pleci makan apel www.burung45.blogspot.com

Apabila Anda telah memiliki koleksi burung pleci ngalas yang gacor, Anda harus bekerja keras untuk merawatnya. Selain sangkar yang bersih harus memberikan pakan yang berkualitas. Pola pengobatan juga akan mempengaruhi pleci cepat gacor. Dalam pengobatan, ada perawatan primer dan perawatan khusus, ada biasanya khusus perawatan diambil untuk mendukung kualitas suara kicau burung Pleci itu sendiri. Ini perawatan khusus seperti pola pemasteran, mengeringkan, kondensasi dll.

Gambar Burung Pleci

Setidaknya ada 8 jenis burung pleci yang banyak terdapat di Indonesia. Seluruhnya dapat dikatakan sebagai burung pleci ngalas yang memiliki kualitas gacor ngalas setara. Di sini kita akan mengupas tentang burung pleci termasuk deskripsi karakteristik fisik, perilaku, nada keras serta asal-usul Pleci. Jadi memudahkan Anda untuk memilih pleci peliharaan yang Anda inginkan.
Baca juga: Ocehan Khas Burung Kenari yang Menakjubkan

Burung Pleci Dakun Macok (Dada Kuning Mata Coklat) 

Burung pleci dakun macok merupakan jenis pleci paling laku di pasar Indonesia. Fenomena ini tidak terjadi tanpa alasan, karena saran bahwa pengobatan burung pleci dakun macok jauh lebih mudah daripada jenis lainnya. Selain masalah perawatan mudah, harga di pasar ini juga cukup terjangkau. Pleci daun macok burung sangat mudah ditemukan di pasar-pasar hampir seluruh wilayah di pulau Jawa.

Burung Pleci Dakun Maput (Dada Kuning Mata Putih)

pleci dakun maput www.burung45.blogspot.com

Burung pleci dakun maput adalah istilah untuk pleci dada kuning mata putih . Selain istilah Maput, pleci ini juga sering disebut pleci kudus atau pleci muria. Memang Pleci jenis ini berasal dari wilayah Gunung Muria, Jawa Tengah. Pleci jenis ini memiliki kicau yang sangat keras dan memiliki iris mata putih.

Burung Pleci Buxtoni

pleci buxtoni www.burung45.blogspot.com

Burung pleci buxtoni sangat mudah ditemukan di pasar-pasar daerah di Jawa Barat. Pleci buxtoni memiliki sedikit lengkung posturnya dan juga memiliki kristal suara melengking dan keras. Selain Jawa Barat, kawasan yang menjadi pensuplai pleci buxtoni kebanyakan adalah pulau Sumatera. Pleci buxtoni memiliki sifat-sifat yang mudah untuk dipahami dengan bentuk ring pada mata yang tipis dan memiliki iris mata coklat.

Burung Pleci Salvadori

pleci enggano www.burung45.blogspot.com

Burung pleci salvadori adalah salah satu jenis pleci yang memiliki kemampuan kicauan ngebas kencang dan lembut, pleci jenis ini mampu merebut perhatian banyak pecinta pleci kicau. Ciri khusus dari pleci salvadori adalah dada berwarna abu-abu gelap dan sedikit ada campuran kuning. Bulu dikepala gelap di kanan dan kiri. Burung ini berasal dari daerah Sumatera, terutama di Pulau Enggano.

Burung Pleci Hitam Capped

pleci hitam www.burung45.blogspot.com

Burung pleci hitam capped andalan lain dari beberapa jenis pleci. Pleci ini memiliki warna khas bulu hitam di dahi, bulu dada abu-abu dan memiliki kombinasi hijau dan kekuning-kuningan. Memiliki suara kicau mirip tiupan peluit. Penyebaran terbesar Pleci hitam Capped terletak di pulau Sumatera.

Burung Pleci Auriventer (Pleci Auri)

pleci auri www.burung45.blogspot.com

Burung pleci auriventer adalah sepesies pleci paling agresif daripada jenis lain. Karena burung ini sedikit sekali berdiam diri dan memiliki kualitas suara yang sangat ngebas dan ngalas. Pleci jenis ini dibanderol dengan harga sangat mahal. Ciri khusus dari pleci ini adalah bentuk postur tubuh yang lebih panjang dari pleci dakun, iris mata memiliki warna coklat, dan memiliki dada keunguan dan garis kekuningan. Penyebaran terbesar pleci auri di Kepulauan Riau.

Burung Pleci Dakun (Dada Kuning) Bali

pleci dakun bali www.burung45.blogspot.com

Burung pleci dakun Bali sepintas memang sulit untuk membedakan dengan pleci dakun macok Jawa. Tapi tentu saja masih memiliki perbedaan, seperti ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dan bulu berwarna lebih hijau dan bercahaya, serta lingkar cincin pada mata yang lebih lebar. Banyak tersebar di Pulau Bali. Suara kicau mirip burung pleci betina. Pleci ini sedikit lebih malu-malu lebih takut apabila dekat manusia.

Burung Pleci Montanus (Pleci Gunung)

pleci gunung www.burung45.blogspot.com

Burung ini juga sering disebut pleci kacamata gunung. Jenis pleci ini sangat mudah ditemukan di berbagai daerah di Jawa. Apa yang membedakan pleci montanus dengan pleci jenis lain adalah suara lebih kasar. Selain suara, masih ada keistimewaan seperti warna perut ke abu-abuan dan bagian sisi tubuh kecoklatan.
Baca juga: Branjangan si "Master" Burung Kicau yang Sulit Ditaklukkan
Demikian artikel mengenai eksotika dari burung pleci ini, apabila Anda menyukainya silakan share artikel ini di media sosial yang anda ikuti Facebook, Twitter, G+, Instagram, dll.


This Is The Oldest Page