Duo Maut Raja Kicau Burung Anis Kembang dan Anis Merah


burung punglor merah www.burung45.blogspot.com

GoKicau.com - Membahas burung ocehan tidak lengkap jika Anda tidak mengupas tentang raja burung kicau saat ini yaitu spesies burung anis atau lebih terkenal dengan nama punglor. Jenis burung anis merah dan burung anis kembang merupakan duo yang sulit disaingi soal kicauannya. Jadi popularitas burung bunga anis sangat terkenal sebagai ocehan bersuara merdu burung telah dimulai sejak pertengahan 90-an hingga saat ini. Pada harga pasar untuk ocehan burung trotolan burung anis mencapai ratusan ribu dan untuk dewasa yang sudah dapat berkicau harga bisa mencapai jutaan rupiah.

Habitat burung anis di Indonesia terdapat di hutan primer, hutan sekunder, dan hutan yang banyak pepohonan seperti di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sumbawa, dan Flores. Kebiasaan burung yang hidup burung anis merupakan burung pemalu dan jarang memperlihatan diri di hutan. Jadi itu sangat sulit untuk dapat ditemukan oleh siapa pun termasuk pemburu.

Apabila terjadi masalah yang mengancam kawanan, burung anis jantan mengeluarkan bunyi keras dengan suara "tirr..tirr" untuk memberitahu semua kawanan untuk terbang dari musuh. Buah-buahan seperti buah pir, tomat, apel, dan pepaya adalah makanan kesukaannya. Ia juga sering makan cacing dan serangga kecil yang berada di tanah dan dedaunan.

Baiklah mari kita bahas satu persatu "duo anis" ini. Mulai dari perbedaan secara fisik maupun persamaan yang dapat dipakai menjadi dasar perawatan keduanya.

Ciri Fisik Burung Anis Kembang

Menariknya dari burung anis kembang ialah ukuran badannya yang hanya sekitar 16 cm saja jauh lebih kecil dibanding jenis-jenis burung anis yang lain. Secara umum anis kembang jantan dan betina sulit sekali untuk dibedakan jika tidak memperhatikan secara detail melalui warna bulunya, caranya berdiri, kicauannya, mata, dan kelopaknya.

Anis kembang memiliki ciri-ciri bulu yang berwarna hitam, coklat berangan, dan putih. Dadanya berwarna kehitaman, bagian sayapnya berwarna kehitaman dengan tampak ada dua garis putih di sayapnya. Warna abu-abu kehitaman tampak di bagian mantel dan punggungnya. Sedangkan warna coklat kemerah-merahan terlihat di bagian mahkota dan tengkuknya.
Baca juga: Murai Batu Incaran Para Kolektor Burung Kicau
Tapi secara khusus untuk anis kembang jantan memiliki ciri-ciri mata yang menonjol, warna bulunya lebih gelap dan tegas, postur tubuhnya lebih rata, mempunyai keserasian bentuk antara ekornya yang panjang dengan tulang belakang dan supit kecilnya rapat. Pada saat berdiri anis kembang jantan akan merapatkan kedua belah kakinya, dan kicauannya sangat merdu mirip seperti anis merah. Yang terpenting kalau di hutan burung anis kembang jantanlah yang memberi tanda kalau terjadi bahaya yang mengganggu kawanannya.

Sedang pada anis kembang betina mempunyai ciri-ciri matanya cenderung datar, terdapat bulu berwarna putih di bagian pantatnya. Bentuk tubuhnya lebih bulat yang tampak dari leher, dada, dan bagian perutnya seperti huruf C. Kalau berdiri anis kembang betina sedikit merenggangkan kakinya, dan kicauannya tidak selantang anis kembang jantan.

Anis kembang yang masih hidup di alam liar kadang-kadang hidup sendiri-sendiri tapi kadang-kadang hidup dalam kelompok. Ketika mencari makanan adalah penyergapan di jalan untuk menyelinap di antara daun di atas tanah. April sampai Mei adalah musim kawin dan reproduksi periode burung anis kembang.

Ketika musim kawin tiba anis burung dapat sangat kekerasan dan agresif terhadap sesama jenis sehingga untuk burung penangkar anis kembang biasanya sudah mengantisipasi dengan kandang khusus untuk kawin tanpa menyakiti satu sama lain.

Jenis Burung Anis Kembang dan Habitat Asalnya

Setiap jenis burung yang sama ketika daerah yang berbeda akan mempengaruhi pada kondisi fisik, kondisi tubuh dan bahkan pengaruh kicaunya seperti burung anis kembang yang ada di Indonesia. Walaupun sama tetapi memiliki perbedaan setiap baik dari fisik atau kicauannya.

Berikut jenis anis kembang dan ciri-cirinya :

1. Burung Anis Kembang Kalimantan

 

punglor kembang borneo www.burung45.blogspot.com

  1. Memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dari anis kembang jawa barat dan anis kembang nusa tenggara.
  2. Memiliki tipe suara yang mengkristal tetapi tidak terlalu keras.
  3. Pada bagian dadanya, warna trotol/bercak tidak beraturan dan ngeblok.
  4. Pada bulu dada sampai sisi kiri kanan di bawah sayap terdapat bulu yang berwarna kuning kecoklatan.
  5. Pada bagian pangkal sayap, warna putih berbentuk bulatan seperti awan/mega yang terputus oleh bulu hitam pada bagian bawahnya.
  6. Cenderung lebih mudah ngerol, tetapi daya tahannya lemah.

2. Burung Anis Kembang Sumbawa


burung punglor kembang sumbawa

  1. Anis kembang Sumbawa ini Memiliki postur tubuh yang lebih bongsor daripada anis kembang borneo atau anis kembang tasikmalaya.
  2. Pada bagian dada anis kembang sumbawa ini, trotol/bercaknya tidak beraturan dan ngeblok/penuh.
  3. Pada bagian sayap, bulu putihnya membentuk bulatan-bulatan mirip mega/awan dan terlihat rapi.
  4. Memiliki tipe suara yang besar/ngebass/ngulem.
  5. Cenderung susah ngerol, kecuali jika sudah birahi/siap kawin dan fit. Apalagi jika didekatkan dengan burung anis kembang betina yang siap kawin pula.

3. Burung Anis Kembang Jawa Barat

 

punglor kembang jawa barat www.burung45.blogspot.com

  1. Memiliki postur tubuh yang relatif kecil dari burung anis kembang jenis lain.
  2. Memiliki kaki yang lebih pendek dari anis kembang jenis lain.
  3. Pada bagian dada, warna trorol/bercaknya terlihat beraturan dan tidak ngeblok.
  4. Pada bagian sayap, bulu-bulunya putus-putus sehingga menyerupai sisir.
  5. Cenderung lebih mudah ngerol.

Ciri Fisik Burung Anis Merah

Burung anis merah mempunyai nama latin Geokichla citrina atau zoothera cinerea. Karena burung yang kecil mungil ini memiliki bulu kepala berwarna merah kekuningan. memelihara burung anis merah boleh dibilang sesuatu yang sulit oleh sebagian penyuka burung kicau. Ketika kita memiliki burung anis merah yang belum bersuara ngeplong dan cuma ngeriwik-ngeriwik kasar saja sebenarnya kita sudah memiliki titik cerah untuk bisa menjadikan anis merah menjadi ngeplong karena anis merah dalam kondisi sudah mulai ngeriwik biasanya akan mudah terpancing untuk bersuara lebih ngeplong.

Ada banyak jenis burung yang bisa Anda jadikan sebagai burung peliharaan. Mulai dari burung yang memiliki harga yang relatif terjangkau sampai dengan burung dengan harga yang akan membuat Anda merogoh kocek sangat dalam untuk mendapatkan burung tersebut. Salah satu burung yang memiliki harga yang cukup fantastis adalah burung anis merah.
Baca juga: Ocehan Khas Burung Kenari yang Menakjubkan
Konon harga burung anis merah ini bisa mencapai puluhan bahkan bisa mencapai harga ratusan juta rupiah. Hanya saja bagi para pemula pecinta burung kerap sulit menilai perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa hanya dengan sekilas saja. Anda perlu mencermati ciri-ciri dari burung anis merah jantan dan betina untuk membedakan keduanya.

Burung anis merah ini memiliki fisiologi yang cantik dan menarik. Tubuh mungilnya dibalut dengan bulu yang berwarna merah sehingga memperlihatkan sisi burung yang kian cantik. Belum lagi dengan suara burung anis merah yang merdu dan indah. Bahkan jika sang burung telah gacor bisa dipastikan tak banyak orang yang mampu memiliki burung anis merah tersebut karena harganya akan sangat tinggi.

Cara merawat burung anis merah gacor dan teler yaitu rajin pengembunan dan pemberian makanan wajib terutama pakan hariannya karena dapat mempengaruhi burung agar cepat gacor terutama dalam pemberian pakan hanyiran seperti kroto haruslah di batasi dan yang terpenting adalah harus sering diberi asupan  cacing tanah dan buah pepaya. Karena di dalam buah pepaya terkandung banyak nutrisi yang di butuhkan oleh burung anis merah tersebut.

Sedangkan cacing adalah pengganti kroto dan jangkrik, selanjutnya burung anis merah jangan terlalu banyak di beri pakan jangkrik karena akan mengakibatkan over birahi, jika burung anis merah sudah terkena over birahi maka akan sulit untuk di normalkan kembali dan akan memakan waktu yang cukup lama.

Jika Anda berniat memelihara burung anis merah, Anda harus bisa memiliki kelihaian dalam melihat perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa, terlebih ketika Anda ingin melakukan penangkaran. Burung anis merah jantan dan betina hampir memiliki tubuh dan ciri-ciri yang sama, maka dengan sedikit ketelitian dan kecermatan serta jam terbang yang dimiliki akan sangat mudah mengenali perbedaan kedua burung tersebut.

Selanjutanya kami akan memberikan ciri-ciri burung anis merah jantan dan betina sehingga Anda bisa melatih kemampuan Anda dalam melihat perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa.

Cara Melihat Perbedaan Burung Anis Merah Jantan dan Betina

• Burung anis merah jantan

Burung anis merah jantan memiliki ciri-ciri seperti bulu yang tampak lebih cerah serta lebih mengkilap, memiliki bagian tulang kloaka yang lebih runcing serta rapat. Ciri berikutnya adalah ketika diadukan dengan jenis anis merah lainnya, maka sang jantan akan sedikit mengangkat kepalanya.

Ketika masih menjadi trotolan anis merah jantan tidak memiliki bulu berwarna kuning pada bagian sayapnya. Dan ketika dilihat dari tubuhnya anis merah jantan memiliki tubuh yang lebih panjang, serta cara berdiri yang lebih tegak serta gagah.

• Burung anis merah betina

Burung anis merah betina memiliki ciri-ciri seperti bulu pada betina tidak memiliki warna yang cerah dan terang, kemudian pada bagian tulang kloakanya terlihat lebih lebar. Perbedaan anis merah jantan dan betina dewasa ketika dipertemukan dengan jenis anis merah lainnya, maka sang betina akan bersiul. Dan pada saat sang betina semakin dewasa bulu yang berwarna kuning pada sayapnya akan turut memudar. Perbedaan besar ada bagian tubuh betina yang lebih bulat dibanding sang jantan.

Karakteristik Burung Anis Merah

Amat peka serta perlu waktu agar bisa beradaptasi pada pergantian. perlakuan yang kasar, pergantian ornamen pada kandang serta pergantian situasi lingkungan yang mencolok, dapat bikin burung anis merah bisa jadi stress.

- Pembosan serta senantiasa perlu situasi baru. jika ada di satu area dengan waktu yang relatif lama, maka burung ini jadi malas untuk berkicau lagi. coba dengan berkala senantiasa memindahkan area gantangannya. contohnya : sepanjang ini digantang di depan rumah, lantas digantang di samping rumah. ini adalah di antara misteri pada burung tersebut.

- Birahi yang condong gampang naik. burung anis merah amat gampang naik birahinya, banyak pemicu yang bisa bikin naiknya birahi pada burung type ini. stelan EF (extra fooding) yang terlalu berlebih (over), penjemuran yang berlebih serta lihat burung anis merah lain, bisa dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.

- Amat manja. nyaris rata-rata burung anis merah tak lagi akan bunyi serta tak lagi akan teler jika ia lihat orang yang sehari-hari merawatnya. dikarenakan burung tersebut dengan psikologis sudah berasumsi perawat atau pemiliknya sebagai pasangan. aneh memanglah, namun tersebut sebenarnya. umumnya pada saat kontes atau lomba pada burung kelas anis merah, joki yang menggantang burung serta joki lapangan yaitu orang yang tidak dulu terkait atau terlibat didalam perawatan harian pada burung tersebut.

- Gampang jinak. dikarenakan karakter manjanya yang tinggi, maka burung ini gampang jinak pada perawat atau pemiliknya.

Makanan Wajib Bagi Burung Anis Merah Maupun Anis Kembang

Berikut ini kami akan memberikan bahasan tentang makanan burung anis supaya cepat gacor:

1. Cacing

Cacing ini adalah salah satu pakan wajib burung anis merah cukup memberikan 2-3 ekor tiap hari. Pemberian cacing ini berguna untuk mempercepat burung gacor/teler,pada habitat aslinya cacing adalah makanan pavoritnya dan cacing ini tidak akan mengakibatkan burung over birahi. Cara memberikannya cacing harus di masukan dulu ke dalam air tawar gunanya untuk mengeluarkan kotoran yang ada dalam tubuh cacing lalu potong tubuh cacing hingga menjadi 3 bagian dan buanglah bagian kepala dan duburnya.

2. Pepaya

Buah pepaya ini mengandung nutrisa yang dibutuhkan oleh burung anis merah gunanya untuk menetralisir supaya burung tidak over birahi dan buah ini wajib di konsumsi setiap hari oleh burung anis merah karena banyak manfaatnya. Cara memberikannya bersihkan dulu kulit luarnya lalu potong buah pepaya secukupnya dan kailkan di dalam sangkar burung.

3. Kroto

Berikan kroto satu kali dalam jangka waktu satu minggu dengan takaran satu sendok makan.

4. Jangkrik

Pemberian pakan jangkrik pada burung anis merah harus teratur cukup 1-2 ekor dalam waktu satu minggu karena kalau terlalu banyak mengkonsumsi akan mengakibatkan burung anis merah over birahi. Pemberian pakan harian haruslah dengan takaran yang sama setiap harinya dan bersamaan dengan merawat burung anis merah tersebut dengan kata lain harus seimbang antara pemberian pakan dengan merawat burung.

Karena burung anis tersbut rentan dengan penyakit dan kadang - kadang bisa ngedrop karena kebanyakan pemberian pakan yang berlebihan alias tidak teratur. Bukan itu pula dalam hal perawatan hariannya pun haruslah teratur, banyak kasus yang terjadi karena dalam hal perawatan harian lalai merawat burung anis merah hingga terserang macet bunyi , overbirahi, oleh karena itu sejak dini kita harus merawat burung anis merah dengan telaten dan rajin.

Selanjutnya anda dapat membaca beberapa tips dan cara menangani burung anis merah maupun anis kembang yang dapat Anda terapkan pada peliharaan Anda.

Cara Perawatan Harian Burung Anis Merah Maupun Anis Kembang

  1. Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras sampai jam 07.30.
  2. Jam 07.30 burung dimandikan di keramba mandi atau semprot dengan spray yang halus dan lembut, bergantung pada rutinitas tiap-tiap burung.
  3. Bersihkan kandang harian. Ganti atau imbuhkan voer dan air minum serta buah fresh.
  4. Berikanlah 2 ekor jangkrik pada cepuk EF. jangan sekali-sekali  memberi makan burung secara langsung.
  5. Penjemuran bisa dikerjakan sepanjang 1-2 jam setiap hari, mulai jam 08.00  -  11.00. selama penjemuran, baiknya burung tidak lihat burung sejenis.
  6. Sesudah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lantas sangkar dikerodong.
  7. Siang hari hingga sore hari  jam 11.00 - 15.00 burung bisa di perdengaran suara masteran atau burung-burung master.
  8. Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan apabila butuh.
  9. Berikanlah 1 ekor jangkrik pada cepuk EF.
  10. Jam 18.00 burung kembali dikerodong serta di perdengarkan suara master selama masa istirahat hingga pagi harinya.

Tips Pemberian Makanan EF (Extra Fooding) Untuk Burung Anis

- Kroto fresh diberikan 1 sendok teh optimal 2x dalam waktu 1 minggu. perumpamaan pemberian setiap - setiap hari senin pagi serta hari kamis pagi.

- Pemberian cacing diberikan 2 ekor 1x dalam waktu 1 minggu. perumpamaan pemberian setiap - setiap hari senin pagi.

- Buah fresh diberikan teratur tiap-tiap hari, dengan format : hari senin hingga hari kamis berikanlah buah pepaya, hari jumat serta hari sabtu berikanlah apel atau pisang atau buah yang lain.

Cara Perawatan Burung Anis Merah dan Anis Kembang Sebelum Lomba Agar Jadi Jawara

  1. H-3 sebelum saat lomba, jangkrik dapat dinaikkan jadi 2 ekor pagi serta 2 ekor sore.
  2. H-2 sebelum saat lomba, burung baiknya dijemur optimal 30 menit saja.
  3. 1 jam sebelum saat di gantang lomba, burung di mandikan serta berikanlah jangkrik 1 ekor saja.
  4. Jika burung dapat turun lomba kembali, berikanlah jangkrik 1 ekor lagi.
  5. Janganlah berikan ulat hongkong saat menggenjot birahi pada burung anis merah. dikarenakan bisa bikin birahi burung tersebut jadi amat meningkat serta jadi tidak stabil.
  6. Baiknya, joki lapangan yaitu orang yang tidak dulu terlibat di dalam perawatan harian pada burung anis merah tersebut.

Cara Menangani Burung Anis Merah Over Birahi

  1. Pangkas pemberian porsi jangkrik jadi 1 pagi serta 1 sore.
  2. Kerjakan pengembunan setiap hari dari jam 05.30wib. - 06.00wib.
  3. Berikanlah 1 ekor cacing 2x dalam waktu 1 minggu.
  4. Frekuensi mandi dibikin seringkali, contohnya pagi-siang serta sore.
  5. Lamanya penjemuran dikurangi jadi 30 menit/hari saja.
  6. Burung baiknya diisolasi, janganlah lihat serta mendengar suara burung anis merah lain dahulu untuk sesaat waktu.

Cara Menangani Burung Anis Merah Drop

  1. Tingkatkan porsi pemberian jangkrik menjadi 3 ekor pagi hari, serta 3 ekor sore hari.
  2. Tingkatkan porsi pemberian kroto menjadi 3x dalam waktu 1 minggu.
  3. Tingkatkan porsi pemberian cacing jadi 2 ekor 3x dalam waktu 1 minggu.
  4. Jadwal mandi dibuat 2 hari sekali saja.
  5. Burung segera diisolasi, jangan sampai melihat serta mendengar burung anis merah lain dahulu.
  6. Lamanya penjemuran ditambah jadi 2-3 jam/hari.
Baca juga: Cara Mengetahui Ciri Burung Cucak Ijo Paling Joss!

Tips Memilih Bakalan Burung Anis Merah dan Anis Kembang yang Joss

  1. Berkelamin jantan, tanda-tanda burung anis berjenis kelamin jantan bisa dipandang dari postur tubuh yang panjang cocok, ekor lebih panjang, tulang belakang serta supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu di bawah paruh sisi bawah lebih pudar, mata besar melotot, wujud kepala semakin besar serta bergerak lincah.
  2. Wujud paruh, baiknya tentukan wujud paruh yang berpangkal lebar, tidak tipis, besar serta panjang. paruh sisi bawah mesti lurus. janganlah menentukan bahan burung anis yang mempunyai paruh bengkok. posisi lubang hidung tentukan sedekat barangkali dengan posisi mata.
  3. Postur badan, pastikan bahan burung anis yang berpostur tengah dengan panjang leher, badan serta ekor dan kaki yang cocok. janganlah menentukan bahan yang berleher serta berbadan pendek.
  4. Sayap mengepit rapat serta kaki mencengkram kuat, ini mengisyaratkan bakalan tersebut sehat. Warna kaki tidak punya pengaruh pada mental burung.
  5. Lincah serta bernafsu makan besar. Ini adalah tanda-tanda bahan yang bermental baik.
  6. Berdiri pada posisi kepala mendongak 45 derajat. Jika Anda memperoleh bakalan yang dalam usia 7 bulan sudah mulai bisa ngerol serta teler.